Benarkah Mendengar Lagu Itu Haram Hukumnya ...???

http://sigli-cyber.blogspot.com


Masalah nyanyian yang disertai musik baik dengan alat ataupun tanpa alat adalah satu masalah yang sering dibahas sejak dahulu . Sebenarnya, para ulama telah bersepakat bahawa semua bentuk nyanyian atau lagu yang mengandungi unsur-unsur yang tidak baik, bertentangan dengan syariat Islam dan menganjur kepada berlakunya maksiat adalah HARAM. http://sigli-cyber.blogspot.com
Namun, dalam kalangan ulama fiqh terdapat khilaf(perbedaan pendapat) dalam masalah ini.
Para ulama juga telah menyetujui dan memBOLEHkannya apabila ingin meraikan suasana gembira dan bahagia, misalnya di waktu perniakahan, hari-hari besar dan sebagainya. http://sigli-cyber.blogspot.com
Hakikatnya, tidak semua nyanyian atau lagu adalah tidak bermanfaat, karena ada setengah lagu yang banyak mengandungi hikmah atau nasihat. Ada juga sesetengah lagu bersifat doa dan dakwah. Hal ini bergantung kepada tujuan dan niatnya. Selari dengan sabda Nabi Muhammad S.A.W dalam sebuah hadis yang agak panjang, berikut merupakan petikan dari pada hadis tersebut:
“Sesungguhnya tiap-tiap amalan itu bergantung pada niatnya; dan sesungguhnya apa yang diperoleh seseorang adalah berdasarkan apa yang diniatkan”
(HR Bukhari dan Muslim)
Bagi siapa saja yang melakukannya dengan tujuan maksiat, tentu hal itu menyebabkannya menjadi fasik dan ia DILARANG. Begitu juga sebaliknya, apabila nyanyian itu dijadikan sebagai dorongan untuk melakukan ketaatan dan hal-hal terpuji, sudah tentu ianya TIDAK DILARANG. http://sigli-cyber.blogspot.com
Telah berkata Imam Al-Ghozali :
“Jika disebutkannya nama Tuhan sebagai sumpah bagi sesuatu yang tampak dan niatnya tanpa tujuan, tidak dapat dianggap berdosa, apalagi membuat syair, nyanyian dan sebagainya”
Dalil yang membolehkan menyanyi atau mendengarkannya, adalah antara lain dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dan Bukhari yaitu: http://sigli-cyber.blogspot.com
“Ketika Abu Bakar datang kepada Nabi S.A.W di rumah ‘Aisyah R.A pada hari raya, ada dua jariah(hamba sahaya) sedang menyanyi, kemudian Abu Bakar marah dan mengatakan ‘Apakah layak perbuatan syaitan ini dilakukan di hadapan Rasulullah S.A.W?’. Kemudian, Nabi S.A.W besabda, “Wahai Abu Bakar, biarkan mereka, hari ini adalah hari besar”
Adapun sebaiknya bagi seorang Muslim dan Mukmin Sejati yang berhati-hati hendaklah mengambil langkah berjaga-jaga dalam hal ini. Agar tidak terjerumus kepada melakukan dosa yang boleh menggelapkan hati. AMin..


37 comments:

  1. contohnya lagu-lagu wali band ya sob..? saya sangat setuju dengan lagu-lagu wali...? hampir semua lagu wali menjurus kedakwah sob...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya,, saya juga sependpat dngan sobat..

      Delete
  2. Menurut saya itu gak haram sob.Kan cuma mendengar saja.Bukan mencuri atau berbohong :)

    ReplyDelete
  3. amin, makasih atas sharenya sob..

    ReplyDelete
  4. . . waduch,, jadi bingunk n galau nich. huhh . .

    ReplyDelete
  5. menurutku bro mendengarkan lagu itu nda ada laranganya

    ReplyDelete
  6. Insya Allah bila sesuatu di awli dg niat yg baik..maka akan membuahkan manfaat ya sob :)

    ReplyDelete
  7. Insya Allah bila sesuatu di awli dg niat yg baik..maka akan membuahkan manfaat ya sob :)

    ReplyDelete
  8. Berkunjung sob.,
    Info yang menarik.,

    Kalau menurut saya, selama tidak melanggar etika & bersifat menjerumuskan ke hal" yang negatif, menyanyikan lagu itu tidak haram.,

    Maaf kalau pendapat saya salah.,
    Thanks.,

    ReplyDelete
  9. Terima kasih atas infonya sob:D
    koment back yo
    www.mediashared.info

    ReplyDelete
  10. kunjungan silaturahmi sob...

    pernah dengar sih masalah lagu haram...
    mungkin gara2 lagu jadi buat orang jadi males deger Al-quran...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tepat sekali..

      sekarang bnyak org2 mengutamakan menghafal lirik lagu ketimbang ayat al qur'an

      Delete
  11. Selama lagu itu gak mengandung unsur maksiat.
    nice post sob.. :D

    ReplyDelete
  12. Wah kalu saya malah dengar lagu membuat pikiran tenang, kadang sampai ketiduran...

    ReplyDelete
  13. Kalau lagu2 qasidah islami terus lagu yg mengandung ajakan bersolawat kepada nabi tuh gimana hukumnya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hukumnya mubah sob..

      boleh2 aja..

      asal tidak sperti yg kita bhas diatas tdi..mngandung usur2 yg tdk bermanfaat

      Delete
  14. Isi postingan2nya sangat bermanfaat sekali :-)

    ReplyDelete
  15. aku ngga komentar ah soal beginian mah...pokoknya blognya dan artikelnya bagus banget jadinya difollow, ditunggu folbeknye ye...:o)
    salam sehat selalu

    ReplyDelete
  16. ini memang masalah yang sampai saat ini juga masih diperselisihkan sob, boleh apa tidaknya, tapi yang jelas tergantung niat masing2 aja...

    ReplyDelete
  17. sejujurnya aq sendiri suka musik
    namun ya begitulah...selama tidak mengandungi unsur maksiat mungkin sah-sah aja kali ya sob

    ReplyDelete
  18. Sepakat.. semua tergantung niat saja... selama gak mengandung maksiat apalagi pemujaan terhadap hal - hal yang berbau syirik, saya pikir sah2 saja dehh.. kalo lagu itu diharamkan.. kenapa bang rhoma dan group sonetanya ada ya..??

    ReplyDelete
  19. Bleh" sja mendengarkan lagu asalkan jgn di tinggi"kan melebihi Allah SWT ...


    Contoh : "Ku Mencintai Mu lebih dari Apapun" lirik tersbut menjelaskan bahwa seorang mnusia tersbut mencintai seorang mnusia melebihi apapun dan termasuk melebihi Allah SWT ua ....

    Mka dri pd itu kta hrus hati"

    Keep Your METAL ....

    ReplyDelete
  20. Wah kalau kerja di radio... gimana nih sob kan banyak lagunya

    ReplyDelete
  21. ow gitu ya gan dasarnya... ya ya ya...

    makasih pencerahannyaa... seeeepppp

    ReplyDelete
  22. jalan2 malam, sekedar mengingatkan bhw besok puasa Arafah... *smile

    ReplyDelete
  23. anak muda sekarang banyak yg menganut lagu aliran sanatis gan, gmana?

    ReplyDelete
  24. kadang lagu juga ada yg menyesatkan sob :D

    ReplyDelete
  25. Rohis Facebook mengucapkan..

    Selamat Hari Raya idul Adha 1433 H

    "Taqabbalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum.

    “Smga Allah menerima amal2 kami & kamu, puasa kami dan kamu.

    Maaf klo ada salah2 kata yaa..!

    *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat Hari Raya Idul Adha 1433 H juga ya sobat..

      Delete
  26. hadir kembali mengucap "Selamat Hari Raya Idul Adha 1433 H...Mohon Maaf Lahir Batin"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat Hari Raya Idul Adha 1433 H jga sobat,

      Delete

Silahkan Anda Berkomentar Dengan Baik dan Sopan.

~Pesan Komentar Yang Menyertakan Link Hidup,SPAM,JUNK ,dan sejenisnya ,akan Saya Hapus Dari Postingan ini.

~Bagi Yang Meng-Follow Blog Ini,Jangan Lupa Dikonfirmasi Agar Saya Bisa Meng-Follow sobat kembali

~Maaf juga jika saya sering kali tidak membalas komentar dari Anda

Komentar Anda sangat bermanfaat untuk perkembangan blog ini. Terima Kasih!!!

Powered by Blogger.