Friday, 13 April 2012

Google Ternyata Ejaan Kata yang Salah


 Siapa yang tidak kenal dengan google sebuah mesin pencari terbesar di internet. Bagi yang sering menjelajah di dunia maya pasti sering mencari objek yang dicarinya melalui google dan nanti akan diperlihatkan hasil pencariannya.


Selain google search ada juga, Google + , google maps , google translate, google earth dan masih banyak lagi. Tahukan kamu bahwa Google ternyata ejaan kata yang salah


Kamus Oxford telah menjadikan google sebagai kosa kata tersendiri yang diartikan sebagai jenis kata yang merujuk pada mesin pencari di internet Google untuk menemukan sebuah informasi.  Lalu di kamus itu diberi dua contoh kalimat yang menggunakan kata google sebagai berikut:

  • You can google someone you’ve recently met to see what information is available about them on the internet.
  • I tried googling but could’n find anything relevant.
Bukan dari kamus oxford inilah awal mula kata google. Kamus oxford menambahkan google di kamusnya setelah Google menjadi populer. Istilah google berasal dari kata googol yang dikenal di dunia matematika. 


Awal mulanya bocah berusia sembilan tahun Milton Sirotta. Dia adalah keponakan  ahli matematika asal Amerika Serikat, Edward Kasner. Suatu ketika Kasner meminta Milton untuk menyebut angka yang paling besar. Lalu secara spontan bocah ini menyebut kata googol. 


Kasner kemudian menuliskan kata googol di buku matematikanya yang berjudul " Mathematics and the Imaginations ". Googol melambangkan angka 10 pangkat 100.


Mulanya, search engine yang sekarang kita kenal Google itu bernama Backrub yang dikembangkan oleh Sergey Brin and Lawrence Page pada tahun 1996. Kedua orang ini adalah sarjana Universitas Standford. Setelah melalui proses pencarian, keduanya lalu bersepakat untuk mengganti nama Backrub dengan googol, tapi kemudian mereka menulis dengan ejaan yang ‘salah’: Google.

“Kami memilih nama Google karena ini merupakan ejaan yang umum dari googol yang berarti 10 pangkat 100. Ini sesuai dengan tujuan kami untuk membuat mesin pencari berskala sangat besar,” kata Page dan Brin. Meski sebenarnya cara penulisan google sebenarnya keliru, tapi sekarang dianggap menjadi ejaan yang benar karena sudah telanjur populer.


Ternyata Google berasal dari kata googol yang sering disebutkan di dunia matematika - 



Sumber

2 comments:

  1. PLAGIAT

    http://habluezshare.blogspot.com/2012/04/google-ternyata-ejaan-kata-yang-salah.html

    ReplyDelete
  2. @Habluez Share:

    Sumber>>http://habluezshare.blogspot.com/2012/04/google-ternyata-ejaan-kata-yang-salah.html

    ReplyDelete

Silahkan Anda Berkomentar Dengan Baik dan Sopan.

~Pesan Komentar Yang Menyertakan Link Hidup,SPAM,JUNK ,dan sejenisnya ,akan Saya Hapus Dari Postingan ini.

~Bagi Yang Meng-Follow Blog Ini,Jangan Lupa Dikonfirmasi Agar Saya Bisa Meng-Follow sobat kembali

~Maaf juga jika saya sering kali tidak membalas komentar dari Anda

Komentar Anda sangat bermanfaat untuk perkembangan blog ini. Terima Kasih!!!