UNIK !! Air Terjun Horizontal di Australia Barat



Air akan mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah, begitulah salah satu kenyataannya selama ini. Namun, hukum tersebut tidak berlaku jika Anda berkunjung ke Australia Barat.

Jika dilihat dengan sepintas, air terjun yang satu ini memang tidak berbeda dengan air terjun lainnya. Tebing yang memagari derasnya aliran air akan menambah panorama yang semakin menakjubkan.

Namun, jika dilihat dengan seksama, aliran air tersebut mengalir secara mendatar, sehingga dinamai dengan The Horizontal Falls, atau air terjun horizontal.

Air terjun unik yang berada tepat di Teluk Talbot, Kimberley, Australia Barat, tersebut terjadi karena derasnya air yang keluar dari sela-sela tebing.

Tebing tersebut membelah lautan. Dari sisi kanan, air akan meluncur deras ke sisi kiri. Hal ini terjadi karena air laut di sebelah kanan sedang pasang, sedangkan air laut di sebelah kiri sedang surut. Uniknya, hal tersebut juga berlaku kebalikannya. Tidak jarang jika pagi hari air mengalir dari kanan ke kiri, tetapi saat sore hari, justru mengalir dari kiri ke kanan.

Peralihan air ini terjadi terus-menerus, sehingga terlihat seperti sebuah air terjun yang mengalir bolak-balik. Jika biasanya air terjun memiliki ketinggian tertentu, air terjun horizontal ini hanya memiliki lebar sepanjang 300 meter.

"Horizontal Falls yang luar biasa merupakan daya tarik terkenal bagi wisata internasional. Sehingga sangat penting untuk menjaga lingkungan murni yang mengelilingi mereka," kata Colin Barnett, Western Australia Premier, seperti yang dikutip dari Yahoo.

Kedua taman nasional dan taman laut akan ditunjuk Kelas A oleh pemerintah, yang memberikan mereka tingkat tertinggi dalam hal perlindungan, lanjutnya.

Meski demikian, batas akhir dari taman belum ditentukan, taman laut akan mencakup sekitar 3 ribu kilometer persegi dan akan melindungi terumbu karang, lumba-lumba dan hutan bakau. Taman laut tersebut akan memperluas Great Kimberley Marine Park untuk 26 ribu kilometer persegi.

"Melindungi pantai Kimberley dan kehidupan burung-burung di sana akan memberikan keseimbangan untuk penyebaran pembangunan industri lainnya," kata Direktur Proyek Konservasi Taman Kimberley John Carey.


3 comments:

  1. wah.. kalau seperti itu bentuknya berarti bukan air terjun donk sob.. yg namanya air terjun itu. airnya terjun dari atas ke bawah.. ini kan airnya g terjun.. cuma lewat saja hehehehehehe.. wah orang australia salah ngasih nama nih....

    ReplyDelete
  2. wah, unik bnget ea air terjunnya?
    di dasarnya tuw brarti rata ea, gk ada turun atau naik?
    ajiiib...

    ReplyDelete

Silahkan Anda Berkomentar Dengan Baik dan Sopan.

~Pesan Komentar Yang Menyertakan Link Hidup,SPAM,JUNK ,dan sejenisnya ,akan Saya Hapus Dari Postingan ini.

~Bagi Yang Meng-Follow Blog Ini,Jangan Lupa Dikonfirmasi Agar Saya Bisa Meng-Follow sobat kembali

~Maaf juga jika saya sering kali tidak membalas komentar dari Anda

Komentar Anda sangat bermanfaat untuk perkembangan blog ini. Terima Kasih!!!

Powered by Blogger.