Trik Supaya Bisa Copy-Paste di Command Prompt

Sebagaimana yang kita ketahui secara default Windows tidak memungkinkan penggunanya untuk Copy dan Paste teks di Command prompt atau Menyalin teks dari Command prompt dan mempastekannya ke tempat lain. Tapi ada pilihan di CMD sendiri untuk memungkinkan Copy & Paste Teks pada Windows Command Prompt.

Pada kesempatan kali ini kita akan belajar bagaimana cara mengcopy-paste teks pada Windows Command prompt, dan menyalin teks dari Command prompt dan mempastekannya ke tempat lain. Salah satu keuntungan utama dari ini adalah sobat dapat menyalin setiap perintah yang sobat temukan dari internet atau dari kata apapun / file yang dapat di pastekan langsung ke CMD tanpa harus capek mengetik lagi.

Berikut cara mengaktifkan Copy-Paste di CMD:

1. Buka CMD, cara membukanya Cukup ketik CMD dalam pencarian atau tekan tombol Win + R lalu ketikkan CMD dan tekan enter untuk memilih Command Prompt.

2. Klik kanan pada Judul jendela CMD dan Pilih Properties, sebagai contoh lihat gambar di bawah



3. Sobat akan melihat menu Pop up , dan sekarang pada Edit Options centang Quick Edit Mode, pada Insert Mode kosongkan saja dan klik OK


Perlu di perhatikan cara mengcopy-paste di Command Prompt tidak seperti yang kita lakukan pada umumnya dengan menggunakan tombol Ctrl+C (copy) lalu Ctrl+V (paste)

Cara mengcopy-paste di Command Prompt agak sedikit berbeda dan berikut caranya:

1. Salin Teks apapun dari sini atau tempat lain menggunakan tombol CTRL + C lalu klik kanan menggunakan mouse pada CMD. Sobat akan melihat bahwa teks tadi telah dipastekan secara otomatis dalam CMD.

2. Begitu juga jika sobat ingin menyalin teks dari CMD ke tempat lain maka pilih teks yang ingin di copy di CMD dan Klik kanan dengan mouse, ingat klik kanan bukan Ctrl+C. Teks sobat disalin dan siap dipaste ke dalam dokumen yang sobat inginkan dengan menekan Ctrl+V

Demikian yang dapat saya bagikan hari ini, semoga bermanfaat untuk sobat!
Wassalam!

No comments:

Silahkan Anda Berkomentar Dengan Baik dan Sopan.

~Pesan Komentar Yang Menyertakan Link Hidup,SPAM,JUNK ,dan sejenisnya ,akan Saya Hapus Dari Postingan ini.

~Bagi Yang Meng-Follow Blog Ini,Jangan Lupa Dikonfirmasi Agar Saya Bisa Meng-Follow sobat kembali

~Maaf juga jika saya sering kali tidak membalas komentar dari Anda

Komentar Anda sangat bermanfaat untuk perkembangan blog ini. Terima Kasih!!!

Powered by Blogger.