Beberapa Kesalahan Dalam Sholat Yang Kadang Tidak Kita Sadari




 Sholat adalah salah satu kewajiban paling penting dalam kehidupan seorang muslim. Perintah sholat pun diterima oleh Nabi SAW secara langsung ketika beliau diisra’kan ke langit. Shalat juga merupakan amalan pertama yang akan dihisab di akhirat kelak. Karena itu, marilah kita sama-sama perbaiki kualitas shalat kita.


Dalam sebuah hadis Nabi bersabda: "Amal seorang hamba yang pertama kali dihisab kelak adalah shalat, jika shalatnya rusak, maka amal lainnya pun akan rusak." [HR Thobrani]

Meski kita sudah bertahun-tahun melakukan sholat, tapi kadang masih ada beberapa kesalahan dalam shalat kita yang tidak kita sadari, Diantaranya adalah :

Beberapa Kesalahan Dalam Sholat Yang Kadang Tidak Kita Sadari


1. Tidak berdiri tegak.

Berdiri tegak bagi yang mampu merupakan salah satu rukun shalat. Tapi kadang ada diantara kita yang sakit tapi masih mampu berdiri, tapi tidak berdiri. Harusnya kalau dia masih mampu berdiri, dia harus berdiri dulu. Baru jika tidak mampu benar, dia boleh melakukannya dengan duduk. Ini berlaku untuk sholat fardu.

2. Takbiratul ihram dilafazkan dengan salah.

Permulaan sholat adalah takbirotul ihrom. Ketika itulah di dalam hati kita niat. Yang kadang salah adalah bertakbir dengan lafaz ٱالله di mulut, dan أكبر di dalam hati. Padahal, lafaz takbiratul ihram adalah rukun qauli, maka, ia WAJIB dilafazkan 100% di mulut tanpa meninggalkan satu huruf pun dalam kalimat ٱالله أكبر. Selain itu, jika makhraj lafaz takbiratul ihram ini salah, maka ia bisa juga membatalkan shalat. Misalnya, mengucapkan takbiratul ihram dengan suara angin (seperti suara orang berbisik).

3. Ada kesalahan dalam al-Fatihah.

Al-Fatihah merupakan rukun qauli juga yang wajib diucapkan 100% oleh mulut dengan makhraj dan tajwid yang benar. Jika membaca al-Fatihah dalam hati atau menggunakan suara angin, maka, ia dapat membatalkan shalat.


4. Tidak thuma’ninah (tenang sejenak) dalam rukuk dan sujud.

Waktu minimum untuk rukuk dan sujud adalah seukuran lafaz "subhanallah". Ada sebuah hadis:

"Seburuk-buruk pencuri adalah orang yang mencuri dalam shalatnya." Sahabat bertanya, "Bagaimana caranya mencuri shalat itu wahai Rasulullah?"
"Yaitu, yang tidak menyempurnakan rukuk, sujud dan bacaan di dalam shalatnya" [HR Ahmad]

5. Sujud yang tidak sempurna, 

Anggota sujud tidak dikenakan atau ditempelkan ke atas lantai. Ada 7 anggota sujud, yaitu: muka (termasuk dahi dan hidung); telapak tangan; kedua lutut dan akhir 2 tapak kaki (ibu jari), sebagaimana sabdanya yang artinya:

"Aku telah memerintahkan agar sujud atas tujuh tulang: keatas dahi, dan ia mengisyaratkan ke hidungnya, 2 tangan, 2 lutut dan pada akhir 2 tapak kaki (ibu jari)." [Muttafaqun 'Alaih]

6. Lafaz tahiyyaat akhir yang salah.

Masalah ini adalah diantara kesalahan yang sangat biasa dilakukan tetapi banyak yang tidak menyadarinya. Lafaz tahiyyaat wajib dibaca dengan makhraj yang tepat karena ia adalah rukun qauli. Jika lafaz tahiyyat itu diucapkan dengan suara angin juga, ia akan membatalkan shalat. (Jika anda belum yakin, mintalah guru agama anda untuk mengajarinya)


7. Lafaz salam dibaca dalam hati, 

Dilafaz dengan suara angin, atau mengucapkan salam dengan makhraj dan huruf yang salah juga dapat membatalkan shalat.

Lafaz yang tepat adalah ٱلسلام عليكم ورحمة ٱالله (Assalaamu'alaikum warahmatullaah). Jika menyebut "asalaamu'alaikum", "salaamu'alaikum", mengganti huruf ع kepada أ, huruf ح kepada ه, atau apa saja sebutan yang selain ٱلسلام عليكم ورحمة الله, ia akan membatalkan shalat. Menyebut salam dalam hati juga dapat membatalkan shalat, karena lafaz salam pertama adalah rukun qauli, ia WAJIB diucapkan 100% oleh mulut dengan makhraj dan tajwid yang benar.

8. Tangan berayun-ayun saat i'tidal.

Gerakan anggota badan yang besar 3 kali berturut-turut dapat membatalkan shalat. Entahlah kenapa orang suka mengayun-ayunkan tangan saat i'tidal.


9. Tidak thuma’ninah pada saat i'tidal setelah rukuk, tapi langsung sujud

10. Dada berpaling dari kiblat


SEMOGA BERMANFAAT 


7 comments:

  1. Bermanfaat banget artikelnya, Gan!
    Ane kasih Rate 5 deh, karena beneran bagus.

    ReplyDelete
  2. hmm,,pagi pagi sudah dapat pencerahan,,,makasih yaa Sob atas Artikel Islaminya,,,semoga saja yaa saya bisa lebih sempurna dalam menjalankan shalat 5 waktu....

    ReplyDelete
  3. wah banyak yang harus di benerin nih pada sholat saya sob, biasanya saya kurang tuma'ninah. dan baca alfatihahnya cuma pake suara angin kadang2..waduh.. makasih ya sob penjelasannya..?

    ReplyDelete
  4. .. wouwww,, tenkz ya untuk postingan nya?!? ntar mau copas ach n aq print, gpp kan?!? Buat ortu n adek^ aq. agar sholatnya lebih bener lagi :) ..

    ReplyDelete
  5. met mlm sob wah postingan yang bagus sekali sob trmksih dah berbagi sobat

    ReplyDelete
  6. info yang sangat bermanfaat sob, ,bener juga,terkadang kita waktu shalat terburu2 ,karena sesuatu hal.dan alhasil shalat kita tidak khusyuk. .

    ReplyDelete
  7. wahh saya salah banyak ya ternyata.. hehehehe

    silaturahmi di blog Sigli-cyber

    ReplyDelete

Silahkan Anda Berkomentar Dengan Baik dan Sopan.

~Pesan Komentar Yang Menyertakan Link Hidup,SPAM,JUNK ,dan sejenisnya ,akan Saya Hapus Dari Postingan ini.

~Bagi Yang Meng-Follow Blog Ini,Jangan Lupa Dikonfirmasi Agar Saya Bisa Meng-Follow sobat kembali

~Maaf juga jika saya sering kali tidak membalas komentar dari Anda

Komentar Anda sangat bermanfaat untuk perkembangan blog ini. Terima Kasih!!!

Powered by Blogger.