Friday, 4 July 2014

Bahaya Mengupload Foto di Facebook

Artikel yang membahas tentang bahanyanya upload foto di facebook mungkin telah banyak dibahas. Namun melihat apa yang terjadi sekarang ini, nampaknya semua tulisan itu masih saja diabaikan dan tidak mempan sama sekali. Ada ratusan artikel yang membahas tentang ini, sedangkan yang tidak mengindahkannya ada ratusan juta. Melihat fenomena ini seharusnya artikel tentang masalah ini lebih diperbanyak lagi. Semakin banyak semakin baik.

Photo yang kami maksudkan di sini adalah photo yang bersifat pribadi. Sedangkan photo atau poster yang bermanfaat tentu saja tidak berbahaya sama sekali, bahkan dianjurkan.

Nah, apa sih bahaya mengupload photo di facebook ?

Bahaya Mengupload Foto di Facebook

1. Saham dosa

Pernahkah kita berpikir bahwa terkadang foto kita itu bisa mengundang seseorang untuk melakukan dosa. Mungkin kita menganggapnya iseng semata dengan memposting foto-foto yang sedikit fulgar, namun tanpa kita sadari di sana ada orang yang menjadikannya sebagai objek rangsangan dan pemuas nafsu syahwatnya. 

Dan perlu diingat, setiap foto yang telah kita upload itu jangan pernah berharap dapat diselamatkan kembali. Begitu dia meluncur masuk internet, untuk menghilangkannya hampir bisa dikatakan mustahil. Bahkan andai Linus, sang hacker terbaik dalam sejarah itu hidup kembali pun belum tentu bisa. 

Kenapa bisa begitu?

Ini bisa saja, ketika sebuah foto selesai diupload, banyak orang yang melihatnya. Ada sebagian orang yang melihat kemudian dia membagikannya ke teman-temannya sehingga foto kita akan seperti mata rantai yang tiada putus-putusnya berpindah dari satu tangan ke tangan yang lain. Bila foto kita itu berpotensi menimbulkan rangsangan dan kemaksiatan, bisa dibayangkan kita akan terus mendapatkan saham dari dosa yang mereka lakukan.

Atau bisa juga mereka yang telah mendapatkannya akan menyimpannya di hard drive mereka sehingga tidak mungkin dihapus secara online. Lagian, setiap foto di facebook itu akan menjadi hak paten pihak facebook. Jika tidak percaya coba baca link facebook ini. Di situ jelas tertera segala konten berupa foto dan lainnya akan legal mereka pergunakan di mana saja. Coba bayangkan bila foto Anda ditempatkan pada tempat yang tidak layak. Dengan photoshop dan aplikasi olah foto sekarang ini  memungkinkan mereka untuk mengubah foto ke dalam bentuk apapun. Diakhir artikel nanti Anda bisa melihat sendiri contoh-contoh editing foto yang kami maksudkan.

Inti dari poin ini adalah merusak orang lain dan juga menambah dosa empunya foto.

2. Tidak ada manfaat

Sangat mengherankan orang yang menyebarkan fotonya di facebook itu sebenarnya apa maksudnya dan untuk siapa. Bila itu artis masih bisa dipahami, karena mereka memang mencari uang dengan mengandalkan tampang dan penampilan. Sedangkan yang selain mereka, apa untungnya foto-foto pribadi dilihat orang. Jadi, jelaslah selain mudharat yang telah disebutkan di atas, tidak ada manfaat sama sekali bagi orang lain dan juga bagi sang pemilik foto pribadi.

3. Mengganggu keselamatan

Poin ini tidak hanya terkhusus bagi perempuan semata, namun juga bagi lelaki. Hal yang bisa terjadi pada perempuan adalah foto mereka akan menimbulkan niat jahat dari orang-orang yang melihatnya. Kasus serupa ini sudah banyak terjadi. Seorang lelaki berusaha menipu kenalannya di facebook karena melihat wajahnya yang cantik, atau terlihat kaya. Bila mereka tidak menampakkan foto-foto mereka, tentu saja si penjahat tidak mau menghabiskan waktunya untuk berusaha menipu kita. Mereka tidak mau berjudi dengan mangsanya. Pencuri tidak mau bertaruh masuk ke rumah gubuk bambu dengan harapan ada sekilo emas di sana. Pasti yang mereka incar adalah rumah gedung nan mewah.

Apa bahanya bagi lelaki, lihat foto-foto di bawah ini;










Lihatlah bagaimana hasilnya. Kalau bukan seorang ahli sangat sulit mengetahui yang mana yang asli dan mana yang editan. Semoga dengan artikel Bahaya Mengupload Foto di Facebook ini dapat lebih membuka mata hati kita akan pentingnya menjaga iffah diri dan menjauhi hal yang dapat membawaki kepada petaka dunia dan akhirat.

Wallahu a'lam

7 comments:

  1. asal ada manfaatnya boleh-boleh saja meng-upload foto di facebook mas, misalkan upload foto hape untuk ditawarkan. siapa tau ada yang mau beli karena sudah melihat kondisi barangnya :-d

    ReplyDelete
  2. follback ley
    generasipemula.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. wah serem juga ya kalau ada orang iseng foto getu hmm ;)

    ReplyDelete
  4. wah untung saya jarang upload foto mas.. tapi saya salud nih sama foto foto di atas.. keren banget editannya mas hehehehe :D

    ReplyDelete
  5. tapi cukup mengesankan juga kreasi foto fotonya mas hehehehe

    ReplyDelete
  6. wah gimana dong, udah keseringan upload.. apalagi foto-foto hasil pemotretan itu udah tersebar ke media massa :>)

    ReplyDelete
  7. upload foto yang di maksud memang sangat membahayakan,terimakasih sudah mengingatkan :)

    ReplyDelete

Silahkan Anda Berkomentar Dengan Baik dan Sopan.

~Pesan Komentar Yang Menyertakan Link Hidup,SPAM,JUNK ,dan sejenisnya ,akan Saya Hapus Dari Postingan ini.

~Bagi Yang Meng-Follow Blog Ini,Jangan Lupa Dikonfirmasi Agar Saya Bisa Meng-Follow sobat kembali

~Maaf juga jika saya sering kali tidak membalas komentar dari Anda

Komentar Anda sangat bermanfaat untuk perkembangan blog ini. Terima Kasih!!!