Tuesday, 15 January 2013

Ikan Mola Mola, Ikan Raksasa Tanpa Ekor


http://anehdankonyol.com 

Jika Artikel Sebelumnya ada  Foto Kelewar Raksasa DiDunia Yang Berhasil Ditangkap , kali ini ada  Ikan Raksasa Tanpa Ekor yaitu Ikan Mola Mola ,langsung ada disimak Infonya dibawah ini

Berita tentang Mola mola yang tersangkut kapal bukan kali pertama ini terjadi. Pada 18 September 1908 kapal uap Fiona bernasib serupa. Fiona yang sudah berlayar 65 km dari Sydney, mengalami goncangan yang cukup kuat. 

Kapal inipun melambat ke tepian dan salah satu awak kapal melihat Mola-Mola tersangkut pada baling-baling kapal. Mola mola kemudian diangkat. Saat diukur Mola mola yang tersangkut ini memiliki ukuran panjang 3.1 m dan tinggi 4.1 m. Ukuran ini merupakan ukuran Mola mola terbesar yang pernah diketahui. 

Menurut catatan para ahli Australian MuseumIchthyology, Mola mola tersebar di seluruh dunia khususnya di perairan yang bersuhu hangat. Di Australia, Mola mola tercatat hidup sekitar pesisir tengah New South Wales hingga Tasmania dan kemudian ke arah Mandurah, di Australia barat. 

Mola mola ditemukan di perairan laut dalam samudera, tetapi terkadang muncul juga di permukaan ataupun perairan dangkal. Karena memiliki sirip atas yang panjang, tidak jarang saat muncul di permukaan air, oleh para pelaut dan nelayan, Mola mola sering disangka hiu oleh para nelayan maupun pelaut.

Mola mola adalah ikan yang luar biasa. Berbeda dengan ikan lain pada umumnya, Mola mola(caudal fin) tetapi Mola mola justru memiliki clavus, yang merupakan bentuk sambungan antara sirip atas/punggung dan sirip bawah/perut. Clavus ini berbentuk pendek, melebar, serta membujur di bagian bawahnya. 

Para ahli menyebut bentuk ini dengan sebutan ossicles. Beberapa karakter yang membedakan spesies ini dari empat anggota famili yang sama adalah jumlah ossicles dan perbedaan gurat sisi yang tampak pada bagian posterior (sirip atas).  

Di bagian akhir tubuhnya dimana denticles (struktur tubuh) pada kulit berubah drastis dari kasar hingga sangat lembut nyaris tidak memiliki sirip ekor mengambil posisi tumbuhnya sirip ekor yang terdapat seperti pada ikan lainnya.


semoga bermanfaat

7 comments:

  1. termasuk jenis ikan langka ya mas :)
    gede amat ya...hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mas bud....aku aja baru dengar namanya,unik ikanya ya.

      Delete
  2. wah besar banget ikannya sobat...? jadinya aneh ya kalau g ada ekornya..?

    ReplyDelete
  3. wah tu ikan besar banget Gan. kalo di perairan laut indonesia ikan tersebut ada gak ia Gan??

    ReplyDelete
  4. mlm mas wau bener2 hebat mas salut buat anda mas slalu mendapatkan yang terbaru trmksih mas dh berbagi

    ReplyDelete
  5. follow aku ya
    http://vinafreedownload.blogspot.com/

    ReplyDelete
  6. baru tau ikan yang ukurannya seperti ini...
    benar-benar infofmasi yang bermanfaat...

    Terima kasih sob.

    ReplyDelete

Silahkan Anda Berkomentar Dengan Baik dan Sopan.

~Pesan Komentar Yang Menyertakan Link Hidup,SPAM,JUNK ,dan sejenisnya ,akan Saya Hapus Dari Postingan ini.

~Bagi Yang Meng-Follow Blog Ini,Jangan Lupa Dikonfirmasi Agar Saya Bisa Meng-Follow sobat kembali

~Maaf juga jika saya sering kali tidak membalas komentar dari Anda

Komentar Anda sangat bermanfaat untuk perkembangan blog ini. Terima Kasih!!!