Mungkinkah Raksasa itu Benar-Benar ada..??






Mungkinkah dulu benar ada raksasa? Kisah soal raksasa selalu hidup dalam folklor di seluas bumi. Wujudnya bukan sekadar setinggi pemain basket NBA, tapi lebih besar dari itu. Bisa mencapai 3 meter lebih.

Selain termuat dalam legenda, Kitab-kitab suci agama samawi seperti Alkitab (Holy Bible) dan Al Quran memuat kisah tentang raksasa. Yang menjadi masalah, adakah bukti arkeolog yang menunjang kebenaran kisah tersebut?


Sebelumnya, kita lihat beberapa uraian legenda sesuai mitos yang berkembang serta termuat dalam kitab suci.

Raja Og, Antara Mitos Raksasa Dan Kenyataan


Beberapa Alkitab (termasuk kitab Apokrif) menyebutkan tentang Nefilim yang digambarkan sebagai Raksasa. Kitab Henokh menyebutkan ukuran mereka sangat mengerikan.

Suku Nefilim yang tercatat dalam Alkitab antara lain Refaim (Rephiam, yang paling dikenal), Anakin, AVIM, Emim, Gibborim, Horim, Zamzummim dan Zuzim. Mereka dipimpin oleh Raja Og dari Basan yang juga berasal dari Refaim.

Menurut cerita rakyat, Raja Og memiliki tempat tidur yang sangat besar terbuat dari kerangka besi, mungkin panjangnya berkisar 14 kaki dan lebarnya 6 kaki.

Salah satu contoh sosok raksasa adalah Goliath. Sesuai kisah Taurat (Perjanjian Lama), Daud yang berhasil membunuh Goliath menghantarnya menjadi raja di Israel.

Dan setelah Raja Daud tidak ada pernyataan yang menyebutkan tentang Nephilim di Tanah Suci. Kemudian Raja Og merupakan Refaim terakhir, tapi menurut Alkitab dia bukan Nephilim, hanya merupakan garis keturunannya.

Cerita rakyat tentang manusia raksasa tercatat setelah tahun 900 SM. Nabi Musa dikatakan sebagai manusia yang membunuh raksasa Raja Og, dan meninggal pada usia 120 tahun atau disekitar tahun 1300-1400 SM yang mendahului Zaman Besi diwilayah Levant.


Daud dan Goliath

Tahun yang merujuk pada sejarah kuno Raja Og masih merupakan pendapat dan interpretasi, bahkan tanggal Exodus (Mesir) juga tidak pasti. Hal tersebut dikaitkan dengan Nabi Musa yang membuat ular perunggu untuk melindungi manusia dari kematian akibat gigitan ular.

Zaman Perunggu Akhir terjadi diwilayah Levant sekitar tahun 1150 SM, dan menurut arkeologi Nabi Musa hidup diantara Zaman Perunggu dan Zaman Besi. 
Jika menggunakan penanggalan Mesir maka Nabi Musa hidup sebelum Zaman Besi dan tidak mungkin membunuh Raja Og, atau legenda ini ditulis pada Zaman Besi yang mencakup cerita sebelumnya, kemudian tempat tidur besi ditambahkan ke dalam ratusan jenis cerita (mungkin sudah berubah dari generasi sebelumnya, tapi inti cerita tetap sama). Dan asumsi terbaik, bahwa Musa dan Raja Og hidup di Zaman Besi yang nantinya ikut membawa cerita tentang Gilgal Rephaim.

Raja Og Hidup Diantara Nuh, Ibrahim Dan Musa


Ada banyak cerita Mitos Raja Og diantaranya tercatat dalam literatur Rabbinical, Perjanjian Lama, literatur Islam dan beberapa tercatat dalam literatur di luar Alkitab. Dalam semua cerita disebutkan bahwa Raja Og adalah raksasa, bahkan Og berada di zaman Nabi Nuh. Og telah diselamatkan dari banjir dengan bantuan Nuh, kisah ini disebabkan teka-teki Nefilim (Nephilim) yang menyebutkan bahwa ‘Nefilim selamat dari banjir besar ketika orang lain tewas’.

Sebagai paradoks, sebagian pendapat justru meyakini banyak golongan raksasa ini mati saat banjir besar Nuh itu datang (lihat penjelasan versi Islam di bawah).

Bagaimanapun, semua filosofis itu terlihat sama, bagaimana menggambarkan Nefilim yang ada sebelum banjir dan Nefilim yang hidup sesudah bencana banjir.

Yang paling ganjil adalah: bahwa mitos ini menggabungkan Raja Og dari Basan, dalam setiap mitos Nefilim menjelaskan cerita tersbut tetapi secara khusus diidentifikasi sebagai Raja Og. Mitos yang lebih membingungkan tercatat dalam literatur Rabbinical, bahwa Raja Og melarikan diri ke Palestina di mana tidak ada bencana banjir (dari Rashi ke Niddah).

Versi Islam


Menurut mitologi tradisi Islam, Raja Og disebutkan sebagai putra adik Nabi Nuh yang kemudian dibunuh oleh Musa. Mitos lain tentang Bahtera Nuh, bahwa salah satu wanita didalam bahtera sedang mengandung anak Nefilim yang akan menjadi istri Ham.

Tentunya Nefilim lahir dan hidup setelah bencana banjir. Cerita Nefilim tidak hanya dengan Nuh dan Ibrahim, tetapi secara umum menyatakan bahwa mereka benar-benar makhluk yang terkenal.

Sebagai referensi tambahan, sebagaimana dinyatakan Allah SWT dalam Al-Qur’an bahwa DIA pernah menciptakan manusia dalam ukuran besar. Mereka adalah kaum ‘Ad dimana Nabi Hud AS diutus di situ untuk menyeru manusia pada kebenaran.

Tubuh mereka berukuran besar, sangat tinggi dan kuat karena itu mereka bisa memeluk sebuah pohon besar dan mencabutnya. Kemudian, setelah Allah memberikan kekuatan pada mereka dengan melebihkan mereka dari umat yang lain, mereka berbalik menjadi umat pendurhaka, mendustakan serta menentang kenabian Hud AS. Sebagai hukumannya mereka kemudian diazab oleh Allah SWT.

Raksasa hasil perkawinan manusia dan malaikat?


Ada mitos misteri dibalik kelahiran Nuh, cerita ayah Nuh (Lamekh anak Metusalah). Sesuai dengan Kitab apokrif, ketika Nuh membuka matanya maka seluruh rumah bersinar seperti matahari.

Prasangka bahwa semua ini berkaitan dengan supranatural yang membuat ayah Nuh mempertanyakan kesetiaan istrinya. Dalam arti bahwa ia memiliki hubungan dengan malaikat karena Nuh akan dianggap bangsa Nefilim yang merupakan hasil perkawinan seorang wanita (manusia) dengan seorang pria (malaikat yang turun dari langit).

Ibu Nuh menyangkal dan semua itu dinyatakan oleh Idris (Henokh). Metusalah bertanya pada Idris (ayahnya) mengenai hal ini dimana Idris harus mengunjungi Surga, dan Idris menegaskan bahwa Nuh sebenarnya anak Lamekh.

Dilain sisi, pelanggaran hubungan antara manusia dan malaikat pemberontak terjadi di mana mereka turun dari surga menuju Gunung Hermon yang berdekatan dengan ujung utara Golan diwilayah Basan, dan kemungkinan Raja Og memiliki kelahiran yang sama dengan Nabi Nuh.

Penjelasan ini bisa ditelusuri lagi dengan membaca kitab Kejadian 6: 1-7. Kata-kata "anak-anak Allah" tampaknya mengacu pada malaikat - sesuai keterangan para sarjana agama.

Mitos versi lain


Mitos lain tentang Raja Og berkaitan dengan Ibrahim. Menurut cerita, Raja Og telah memberitahu Ibrahim tentang penculikan yang dilakukan Raja Kedorlaomer, hingga Raja Og dan Ibrahim sangat akrab. Ibrahim hidup di antara Nefilim yang kebetulan menghuni Kanaan, Raja Og di kedua cerita ini memiliki agenda tersembunyi.

Dalam cerita disebutkan, setelah Bahtera Nuh berlabuh akhirnya Og mencoba merayu Sarah, tak lain merupakan istri Nuh. Kemudian dimasa Ibrahim, Raja Og berharap bahwa Ibrahim akan dibunuh dalam upaya penyelamatan Lot dan agar bisa menikahi Sarah, istri Abraham. Tema cerita yang memiliki kesamaan nama istri para Nabi, mendasari seksual Nefilim.

Cerita rakyat menyatakan bawah Raja Og hidup selama 3000 tahun walaupun ada juga yang menyebutkan hanya 900 tahun. Og mungkin saja seorang prajurit yang luar biasa, raja yang diakui hingga tercatat dalam mitos fantastis, bahkan tertuang dalam Alkitab.

Hidupnya yang panjang memungkinkan dia berinteraksi dengan para pemimpin agama besar yang hidup di rentang waktu tersebut. Kronologi umur panjang Raja Og justru membuat arkeolog dan sarjana Alkitab kesulitan menemukan ‘siapa sebenarnya Raja Og’ untuk membuat suatu cerita yang akurat.



Foto-foto yang diyakini sebagai hoax



Bukti Arkeolog


Sejauh ini belum ada pembuktian kongkrit dari para ahli tentang keberadaan fosil raksasa. Beberapa tahun lalu sempat beredar foto-foto yang membuktikan penemuan fosil raksasa, namun para ahli membantah dan ini hanya hoax belaka.

Ataukah mungkin sudah muncul penemuan lain yang mengarah pada keberadaan raksasa di jaman dulu? Misalnya penemuan jejak kaki raksasa pada bukit batu di Afrika Selatan.

Soal kebenarannya, kita tinggal menunggu penemuan arkeolog yang akhirnya membuktikan apa yang tertulis dalam kitab suci.

26 komentar:

  1. waduh Gan, kalo soal itu saya kurang tau Gan, saya cuma bsa liat raksasa benar benar ada hanya di Tv Gan,heeee
    met sore aja lah buat Agan...!!! sukses Gan

    BalasHapus
  2. .. gambar nya itu asli kah?!? ato hanya photoshop aja?!? emmmm,, ..

    BalasHapus
  3. kalau anak sekarang mana ada sob yang bener-bener liat raksasa, liatnya cuma di tv ma dongeng saja hehehehehe

    BalasHapus
  4. kayanya sih beneran ada,,tapi dulu..

    BalasHapus
  5. raksasa pun bukan hanya manusia, hewan pun juga.. ada buaya raksasa, kodok raksasa, ikan raksasa,
    benda mati pun ada, lemari rAksasa, benda benda yang raksasa deh.

    BalasHapus
  6. Jadi ingat kisah dongeng-dongeng masa lalu saya sob...

    BalasHapus
  7. Sya sih yakin ada, sebab Manusia pertama atau nabi adam memiliki tinggi 60 hasta ...

    Mungkin zaman dahulu raksasa mungkin ada, tpi untuk zaman modern skarang sya yakin pasti tidak ada, kalau pun ada itupun HOAX alias Bohong

    BalasHapus
    Balasan
    1. bner kata sobat,, sekarang memank tdk bisa kita jumpai mnusia2 raksasa,,

      hnya zaman dulu pernah hidup mnusia itu,,
      dan nabi adam pu termansuk mnusia yg besar sebagaimna kata sobat tdi

      Hapus
  8. saya cuma tau cerita dari film sob soal manusia raksasa..hehehe

    thanks ya sob postinganya.

    BalasHapus
  9. yang dari al-quran....saya percaya sob,bahwasanya dahulu fisik manusia itu besar dan tinggi.
    tapi untuk yang lainya.....belum bisa percaya deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. bner,, utk Al Qur'an kita hrus percaya..dan itu yg kita utama kan,,

      kan Al qur'an pdoman hidup bgi umat islam

      Hapus
  10. Nabi Adam, lebar dadanya aja 8 hasta gan.. bayangkan klo manusia skrg cuma 1 hasta.. sudah jelas kan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya bnar...

      nabi adam memank mnusia pertma dan pling terbesar

      Hapus
  11. .: idem sama yg di atas-nya, BTW, TQ 4 ur share...^_^

    BalasHapus
  12. wahh kalau sich gak percaya sob kalau raksasa itu ada,, but nice share

    BalasHapus
  13. ada bang mungkin tpi jaman dahulu'y bang. trmksi bang dah berbagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. bnar.. zaman dulu memank ada,, sekarang kan mna ada lagi,,,

      Hapus

Silahkan Anda Berkomentar Dengan Baik dan Sopan.

~Pesan Komentar Yang Menyertakan Link Hidup,SPAM,JUNK ,dan sejenisnya ,akan Saya Hapus Dari Postingan ini.

~Bagi Yang Meng-Follow Blog Ini,Jangan Lupa Dikonfirmasi Agar Saya Bisa Meng-Follow sobat kembali

~Maaf juga jika saya sering kali tidak membalas komentar dari Anda

Komentar Anda sangat bermanfaat untuk perkembangan blog ini. Terima Kasih!!!

Diberdayakan oleh Blogger.